Monday, May 29, 2017

membuat proxy cache sederhana tanpa settingan mikrotik yang ribet

Halo apa kabar sobat semua, hari ini saya kan membahas bagai mana saya akan membahas bagaimana membuat proxy sederhana dan simple untuk warnet saya dengan bandwith sangat kecil yang saya ambil dari berlangganan indihome telkom sebesar 5 mbps


awal nya saya merasa pusing lihat bocah bocah yang main di warnet saya sangat ribut akibat jarigan yang saya punya kecil bandwith nya, dan minim modal,,,,, hehehehehe

saya hanya sedikit ilmu tentang proxy squid yang katanya dapat mencache semua kegiatan aktifitas internet kita sehingga tidak lagi mengambil data ke server langsung, hanya mengambil dari server proxy yang kita punya aja

setingan mikrotik saya hanya setingan standart untuk pembagian bandwith tidak ada yang lain, seperti gambar di bawah


Di sini saya memakai proxy dengan squid windows xp sp 3, yang jadi masalah saya ribet membuat setingan nya semua untuk proxy yang saya bangun, mau bayar jasa setting mikrotik untuk proxy, saya tidak mempunyai biaya yang cukup

akhirnya saya berpikir bagaimana semua ini yang saya saya rencanakan cukup berguna?????

cekidottttttt----------- akhirnya jadi dan berfungsi proxy yang saya bangun, akhirnya bocah bocah tidak lagi ribut dengan jaringan yang saya punya

gambar proxy squid yang saya bangun ada di bawah

 
gambar di atas merupakan aktifitas dari proxy squid saya yang di pantau terus melalui remote desktop bawaan window, tidak mempergunakan pihak ke tiga seperti team viewer, 

aktifitas yang di tunjukkan pada monitor squid seperti gambar diatas, itu merupakan kegiatan untuk mencache semua kegiatan warnet saya

bahan untuk membangun server proxy warnet sederhana ini saya cukup mengeluarkan modal yang sangat minim

bahan bahan membangun server proxy sederhana:

komputer pentium 4
windows xp sp3
lusca squid
tentunya mikrotik untuk membagi rata bandwith warnet kita

Server proxy yang saya bangun ini berfungsi untuk browsing dan game online

demikian saya tulis artikel ini atas curahan pengetahuan saya yang minim, untuk langkah pembuatan proxy nya, silahkan ikuti terus blog saya

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon